Sekilas Info
Loading...

Tentang Lensa WideAngle

Lensa wide (atau wideangle) sesuai namanya biasa disebut juga dengan lensa (sudut) lebar. Makna dari lebar artinya bisa mencakup sudut gambar yang luas sehingga lensa ini bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto. Fokal lensa yang bisa dibilang lebar adalah antara 10-30mm, sementara dibawah 10mm sudah masuk kelas fish eye. 

Bila anda memakai lensa kit dengan fokal 18-55mm (yang akan setara dengan 28-85mm akibat crop factor) mungkin akan merasakan kalau lensa tersebut kurang begitu wide. Maka untuk kebutuhan yang lebih wide, orang lantas mempertimbangkan untuk memiliki satu lagi lensa wideangle.

Contoh beberapa produk lensa zoom wide yang cukup populer seperti :
  • Tokina 11-16mm f/2.8 DX
  • Sigma 10-20mm f/3.5 EX DC HSM
  • Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM
  • Nikon AF-S 10-24mm f/3.5-4.5 DX
Contoh foto wideangle dengan kesan dimensi :


Lensa wide punya ciri lain yaitu mampu memberi dimensi atau depth dari sebuah foto. Jadi fungsi lensa wide adalah mencoba menghadirkan suasana 3 dimensi dalam bidang 2 dimensi. Bagaimana bisa? Karena foto yang dibuat dengan lensa wide akan mudah dibayangkan mana yang paling depan (dekat ke kamera), mana yang tengah dan mana yang belakang (jauh dari kamera). Sebagai resikonya, benda yang terlalu dekat dengan kamera akan nampak sangat besar, sementara benda yang jauh akan nampak sangat kecil. Foto diatas saya ambil di pantai selatan Banten, namanya Tanjung Layar. Perhatikan batu karang besar yang menyerupai karang, aslinya batu itu sangat besar. Tapi karena saya pakai lensa wide, maka karang itu tampak agak kecil dan batu di depan (yang aslinya cukup kecil) jadi nampak besar.




Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 OPAL LENS (Lensa Smartphone) All Right Reserved